/**EDIT_TOMI */ /**EDIT_TOMI */

Jumat, 01 Januari 2010

Melirik Peluang Usaha Rumah Kost-kos-an di Bandung


Tidak semua orang berminat dan juga berani untuk memulai bisnis rumah kost-kos-an ini, apalagi untuk yang berkantong 'tipis'. Boleh di bilang untuk memulai bisnis ini diperlukan modal yang tidak sedikit. Namun karena keuntungan yang menggiurkan per bulannya, peluang usaha ini bisa menjadi sumber uang yang baik untuk dipertimbangkan, khususnya bila kita ingin membuka rumah kost-kos-an di Bandung.




Bandung selain banyak mahasiswanya, juga merupakan kota metropolis dengan populasi karyawan pabrik, atau pertokoan, peluang usaha rumah kost-kostan khususnya di kota Bandung akan menjadi peluang yang sangat menjanjikan.

Kawasan perkantoran, pabrik, pertokoan, sekolah maupun kampus merupakan target utama dari bisnis kost-kost-an ini. Banyaknya pelajar mahasiswa dan pegawai yang berasal dari luar daerah menjadikan pemilik kost-kost-an menikmati keuntungan yang tidak sedikit.

Boleh dibilang dengan bermodalkan manajemen yang sangat sederhana, kita sudah bisa menjalankan bisnis ini. Kita tinggal menyiapkan kamar saja, mengisinya dengan perabotan utama, dan memiliki tidak lebih dari 3 orang karyawan untuk menjaga sekaligus merawat tempat kost-kost-an tersebut. Jumlah kamar yang banyak sangat membantu meningkatkan penghasilan dari bisnis ini.

Bila Anda berminat memilih peluang ini sebagai lahan penghasilan, ini beberapa tips-tips yang bakal berguna :

  • Lokasi tempat kost-kost-an yang tepat sangat menentukan keberhasilan bisnis. Pilihlah lokasi yang berada di kawasan perkantoran, pertokoan, pabrik, sekolah dan kampus. Akses jalan pun merupakan hal yang harus dipertimbangkan.
  • Perijinan,sebaiknya perijinan untuk membuka Rumah Kost kepada RT/RW setempat.
  • Fasilitas Rumah Kost : PLN, Air, dan tentunya kamar mandi, Kamar yang nyaman, Furniture seperti tempat tidur, lemari, meja dan kursi.
  • Fasilitas lainnya seperti dapur, ruang tamu, telepon, televisi dan koneksi internet (bila kita berpikir bisa memberikan nilai tambah).
  • Peraturan dalam rumah kost sangat penting. Misalnya : tentang pembayaran uang sewa kost, listrik, tamu yang datang dan menginap, penyerahan data diri penghuni kost seperti ktp, dsb.
  • Harga termasuk hal yang sensitif, jadi kita pun perlu melakukan survey untuk harga pasaran kamar kost yang sudah lebih dahulu ada. Hal ini bisa menjadi sumber acuan dalam menentukan tarif kamar kost dan fasilitas yang akan diberikan.
  • Modal awal, kita pun bisa memanfaatkan pinjaman dari bank dalam bentuk KPR atau pinjaman usaha jangka pendek dengan jaminan sertifikat lahan dari tempat kost-kost-an tersebut. Tapi bila kita tidak bermasalah dengan dana, sebaiknya tidak berhutang sehingga usaha kost-kost-an tidak terbebani dengan kewajiban membayar setiap bulannya.
  • Selain penghasilan dari sewa kamar kost-kost-an yang di terima tiap bulannya, kita pun bisa mendapatkan penghasilan dengan menambah jasa lainnya seperti Laundry,  jasa katering, dan membuka warung kecil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar